Politik - 1 Juli 2024

Besok Bawaslu Maluku Galar Bimtek Bagi 354 Panwascam

Infobaru.co.id, Ambon – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku melakukan Bimbingan dan teknik (Bimtek) untuk memberikan penguatan kapasitas kepada ratusan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024. 

Bimtek akan diikuti 354 Panwscam Kabupaten/kota semaluku, kegiatan akan digelar besok Selasa 2 – 6 Juli 2024 di Hotel The Natsepa.  

Hal ini diungkapkan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat Bawaslu Provinsi Maluku Stevin Melay kepada media dalam jumpa pers, di kantor Bawaslu Maluku, Senin (1/6/202).

Baginya, berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu, masih ditemukan beberapa hal yang harus dilakukan perbaikan, karena ada beberapa kasus PHPU di Mahkamah Konsitusi.

Kegiata. Ini dimaksudkan agar sehingga tugas dan tanggungjawab pengawasan Panwascam di lapangan pada Pilkada serentak November 2024 mendatang dapat lebih maksimal dan tidak lagi ada pelanggaran.

“Supaya kita lebih siap dalam menghadapi Pilkada serentak November mendatang,” jelasnya. 

Baginya, sebanyak 354 petugas Panwascam. Jumlah ini terhitung secara keseluruhan di 11 kabupaten/kota se-Maluku melakukan Bimtek untuk meminimalisir pelangaran

“Selain Panwascam, Bimtek ini juga akan diikuti 33 ketua, anggota dan staf Bawaslu dari 11 kabupaten/kota di Maluku,” ungkapnya 

Stevin mengaku, kegiatan Bimtek akan menghadirkan pemateri yang berkompeten. Dua diantaranya didatangkan dari pusat, lima anggota Bawaslu Maluku dan empat mantan Ketua Bawaslu Maluku.  

“Ada dua pemateri dari pusat memberikan materi teknik agar peserta dapat memantapkan tugasnya di lapangan, dua pematerinitu yakni tenaga ahli SDM Bawaslu RI dan Direktur Sindikat Pemilu dan Demokrasi,” jelasnya. (Ipu)

To Top