Ambonia - 18 Juni 2024

MTsN Ambon Potong Delapan Hewan Kurban, ini Harapan Hasanusi

Infobaru.co.id, Ambon – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Ambon, setiap tahun menjadi rutinitas dalam pemotongan dan pembagian dagging hewan kurban di Hari Rya Idhul Adha.

Untuk tahun 2024 MTsN Ambon memotong sebanyak delapan ekor hewan kurban, dilingkup sekolah.

Kepala Kementerian Agama Kota Ambon, Fachrurrazy Hasanusi, ikut menyembeli hewan kurban yang digelar di MTSN Ambon, Selasa (18/6/2024).

Dalam sambutan serta hikma Kurban, Hasanusi mengatakan, kurban, merupakan ritual yang paling tua dan sudah ada sejak Nabi Adam.

Hasanusi pun mengingatkan pentingnya nilai keikhlasan dalam berkurban, debab Allah SWT hanya akan menerima pengorbanan dari orang orang yang ikhlas.

“Nilai utama dalam pengorbanan itu adalah ada rasa tulus dengan harapan kita dapt mendekatkan diri kepada Allah SWT. Darah dan daging tidak akan sampai kecuali taqwa yang sampai kepada Allah SWT, ” kata Hasanusi.

Hasanusi menambahkan, aoak yang diberikan dewan guru, serta orang tua murid yang memberikan sebagian rezeki dengan iklas akan mendapatkan amalan dari Allah SWT.

“Semoga pengorbanan bapak ibu guru orang tua, punya nilai itu dan pengorbanannya di terima Allah SWT, amiin,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala MTsN Ambon, Riyadi Kamis mengatakan, delapan ekor hewan kurban itu terdiri dari enam ekor Sapi dan dua Ekor Kambing. Dari delapan itu, satu ekor Sapi diserahkan ke Kantor Kemenag Kota Ambon.

Riyadi mengaku, jumlah hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah atau tahun ini berkurang jika dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, itu tidak mengurangi semangat berkurban para guru, pegawai dan orang tua.

Daging kurban lanjut Riyadi, dibagikan kepada 80 siswa yang berhak menerima termasuk para janda yang menetap dekat dilingkungan sekolah.

“Ada 100 kupon yang kami sediakan, 80 kupon untuk siswa, sisanya untuk masyarakat disekitar madrasah,” ujarnya. (Ipu)

To Top