Maluku - 4 April 2024

Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Politisi Apresiasi Kapolda Maluku Gelar Buka Puasa Bersama

Infobaru.co.id, Ambon – Sejumlah tokoh masyarakat, maupun politisi di Maluku memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, yang telah melaksanakan kegiatan buka puasa bersama di Gedung Sport Center, Mapolda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Rabu (3/4/2024).

Buka puasa bersama dihadiri Gubernur Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, Kajati Maluku, dan Forkopimda lainnya. Turut hadir para pimpinan instansi/lembaga dan stakeholder beserta tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, mahasiswa maupun politisi.

Sebagai Ketua KPU Provinsi Maluku yang baru mengakhiri masa tugas periode 2019-2024 pada akhir Maret lalu, Syamsul Rifan Kubangun yang menjadi pemimpin penyelenggaraan Pemilu serentak di Maluku mengaku turut merasakan suka cita kebahagian yang mendalam atas kegiatan buka puasa bersama yang diiniasi oleh Polda Maluku.

“Saya menyampaikan ucapan syukur terima kasih, kebanggaan, penghormatan, apresiasi atas capaian komunikasi, koordinasi, kolaborasi hingga pelaksanaan pemilu berjalan aman, damai dan sukses,” katanya.

Menurutnya, kegiatan buka puasa bersama Polda Maluku yang bertujuan sebagai ajang silaturahmi ini akan terus menjadi modal sosial, modal kepercayaan, dan modal kerja, “guna mewujudkan agenda nasional selanjutnya yakni pertama kali pelaksanaan Pilkada Serentak Nasional di bulan November tahun 2024 mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, Halimun Saulatu, anggota DPRD Provinsi juga memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku yang telah menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama.

“Kegiatan yang dilakukan bapak Kapolda ini merupakan momen yang sangat bagus, momen yang tepat. Kalau kemarin mungkin kita ada perbedaan karena Pemilu kini saatnya kita didudukan dalam satu meja untuk kita kembali mempererat tali silaturahmi,” ujarnya.

Politisi partai Demokrat ini mengaku Pemilu telah berakhir. Di Maluku pesta demokrasi ini berlangsung aman dan damai. Meski ada sedikit gejolak, namun semuanya masih dapat dikendalikan. Ini semua atas peran seluruh elemen masyarakat, khususnya aparat kepolisian yang dibackup TNI.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Polda Maluku dan jajaran, khususnya Kapolda Maluku yang telah mengamankan Pemilu sehingga berjalan aman dan damai,” ujarnya.

Terpisah, Yunus Serang, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Maluku, mengaku terkesan dengan kegiatan buka puasa bersama yang dilaksanakan Kapolda Maluku.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada bapak Kapolda Maluku yang telah mengundang saya dalam kegiatan buka puasa bersama hari ini,” katanya.

Menurutnya, buka puasa bersama di bulan Ramadan saat ini merupakan momentum yang tepat untuk kembali menata hubungan yang mungkin sempat renggang akibat perbedaan pilihan politik.

“Ini momen yang pas untuk kita kembali mempererat tali silaturahmi setelah Pemilu kemarin yang mungkin ada sedikit perbedaan politik. Saya memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku,” tambah anggota DPRD Maluku terpilih ini.

Sementara itu, Donatus Yamlean, Koordinator GMKI Maluku, mengaku, kegiatan buka puasa bersama yang dihelat tersebut, selain sebagai ajang silaturahmi dengan berbagai pihak penting di Maluku, juga merupakan bagian cooling system pasca Pemilu dan persiapan perhelatan Pilkada 2024 ke depan.

“Bapak Kapolda ini sangat peduli terhadap hubungan keharmonisan hidup orang basudara di Maluku. Beliau tidak ingin kita sesama anak Maluku khususnya para pemuda selalu berkelahi hanya karena masalah sepele, karena hal itu akan merugikan kita sendiri, dan Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada bapak Kapolda,” ungkapnya. (Ipu)

To Top