Maluku - 30 Juni 2022

Prajurit Danlantamal Gelar Pelatihan Jurnalis

Infobaru.co.id, Ambon – Untuk meningkatkan kualitas penulisan bagi anggota Lantamal IX Ambon, Dispen Lantamal Ambon bekerjasama dengan KalesangFc melakukan pelatihan Jurnalistik. Pelatihan berpusat di Gedung Manggala Loka TNI AL, Kamis (30/6/30/2022) tadi pagi.

Danlantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina dalam sambutannya yang dibacakan Wadanlantamal, Konolel TNi Laut (Mar) Eka Prabawa menuturkan, jurnalis merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan informasi kepada masyarakat.

“Jurnalistik adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan peliputan memuat dan menyebarluasan peristiwa yang bernilai berita dan pandangan kepada khalayak melalui media massa baik media cetak elektronik,” ungkap Latuconsina saat membuka pelatihan jurnatistik.

Dirinya menambahkan, aktualitas bahasa yang digunakan singkat, padat, sederhana, lugas, menarik dan jelas.

“Yang paling utama sebagai seorang jurnalis adalah dia harus mengutamakan dan menjunjung kebenaran oleh sebab itu menjadi seorang jurnalis, mengingat kemajuan teknologi informasi maka semakin canggih pula media yang dapat menunjang informasi tersebut sehingga para jurnalistik pun semakin bersaing untuk mendapatkan informasi yang terbaru,” jelasnya.

Baginya, perkembangan media informasi berupa elektronik dan digital yang semakin canggih informasi yang dapat melalui media elektronik dan kita sangat mudah dan cepat mengingat tuntutan akibat perkembangan dunia saat ini.

“Oleh sebab itu bagi personil yang hadir yang ditunjuk untuk mewakili kegiatan LDD (Latihan Dinas Dalam) ini saya memerintahkan untuk memanfaatkan waktu dan kesempatan ini dan melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh karena kegiatan ini selain langka juga sangat bermanfaat untuk Lantamal ke depan,” ujarnya.

Sementara itu CEO KalesangFC Levinus Kariuw mengungkapkan dalam.sambutannya mengungkapkan prajurit TNI AL harus bisa menulis berita, jangan hanya mengikuti dimana pimpinan pergi.

“Anggota TNI AL mengikuti setiap kegiatan pimpinan harus menulis berita sendiri, jangan hanya membuat rilis nah yang jadi masalah di sini selama pantauan kita, narasi Dispen AL jauh di bawah rata-rata bandingkan dengan satuan-satuan yang lain,” jelas Kariuw yang juga Pimpinan Redaksi Spektrum Maluku.

Dirinya berharap para peserta pelatihan untuk lebih fokus terhadap pemateri yang memiliki kompetensi yang tinggi yang sudah disiapkan panitia.

“Peserta pelatihan akan mendapatkan banyak materi dari teman-teman yang sudah kita siapkan nanti ada yang pemateri itu ada ketua Aji ada juga ketua IJTI bahkan ada fotografer profesional yang sengaja kita libatkan di hari terakhir,” harapnya. (Ipu)

To Top