Nasional - 21 Juni 2022

Danlantamal Ambon Lepas KRI Dewaruci di Pelabuhan Banda Naira

Infobaru.co.id, Banda – Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (MAR) Said Latuconsina, M.M., M.T., bersama Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Republik Indonesia Hilmar Farid melepas KRI Dewaruci dan peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara 2022 di Pelabuhan Banda Neira, Selasa (21/6/2022) pukul 11.30 Wit.

Sebelumnya didahului dengan perlombaan belang adat yang merupakan perlombaan perahu adat penduduk Pulau Banda dan tari-tarian dengan suasana haru bercampur gembira, yang dikelilingi alam pemandangan dengan keindahan air laut berpadu birunya langit menjadi pemandangan tersendiri peserta

Dalam sambutan Brigjen TNI (MAR) Said Latuconsina, M.M., M.T., menyampaikan kepada seluruh peserta agar menjaga keselamatan selama pelayaran dan Brigjen Said juga berharap Semoga seluruh peserta dan ABK KRI selamat sampai tujuan.

“Tetaplah semangat dalam mengarungi samudra yang luas seperti para leluhur-leluhur kita,” jelasnya.

Pada acara pembacaan doa yang dibacakan oleh perwakilan dari salah satu peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara 2022 membuat sanubari para undangan yang hadir termasuk masyarakat tersentuh hatinya dengan untaian kata-kata yang menyayat kalbu sekaligus memohon agar seluruh masyarakat dapat turut melestarikan alam dan budaya Indonesia ini yang penuh dengan keragaman.

Dengan diiringi tarian selamat jalan yang dibawakan oleh para pemuda dalam seni Pencak Silat Perisai Diri Binaan Pos TNI AL Banda, maka seluruh rangkaian kegiatan kunjungan peserta muhibah di Banda Neira selesai, yang selanjutnya pada akhir acara pelaporan Komandan KRI Dewaruci kepada Danlantamal IX untuk ijin melanjutkan pelayaran.

Selanjutnya upacara pelepasan KRI Dewaruci semakin meriah dengan hadirnya iringan 1 pleton satuan musik dari Lantamal IX Ambon. Kemeriahan tersebut membuat seluruh undangan penuh hikmad dalam mengikuti jalannya upacara pelepasan KRI Dewaruci dan peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara 2022.

Terlihat saat KRI Dewaruci mulai menjauh tiada untaian kata yang terucap hanya lambaian tangan seluruh masyarakat Banda Neira yang hadir begitu semarak, gegap gempita.

Hadir dalam kegiatan tersebut Aspers Lantamal IX, Asintel  Lantamal IX, Aspotmar, Asrena Lantamal IX, Direktur Kebudayaan Masyarakat Adat Bapak Samsul Hadi, S.H., M.M., Kadisparpora Maluku Tengah Drs J.R. Wattimena, Kepala Kecamatan Banda Neira, Danramil 1502-01/Banda, Kapolsek PP Banda, Danpos TNI AL Banda, Kepala Kejaksaan Negeri Cabang Ambon di Banda, Kepala KSOP Banda, Para KPNA sekecamatan Banda, dan Perwakilan tokoh Agama, tokoh Adat dan tokoh masyarakat serta Masyarakat Banda Neira. (Ipu)

To Top