Nasional - 12 Mei 2022

Danlantamal IX Ikut Rakor dan Rakernis Potmar TNI AL 2022

Infobaru.co.id, Ambon — Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Danlantamal IX) Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menghadiri acara pembukaan Rakor dan Rakernis Potmar TNI AL Tahun 2022 yang dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, bertempat di Jembrana, Bali.

Tema yang diusung pada Rakor dan Rakernis Potmar TNI AL tahun ini adalah “Insan Potmar Yang Profesional dan Tangguh Siap Mendukung Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural”.

Dalam sambutannya Kasal menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan forum yang sangat strategis untuk menyampaikan pokok-pokok kebijakan pemimpin sebagai pedoman bagi seluruh satuan komando kewilayahan maupun non kewilayahan dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut maupun pembinaan potensi maritim.

“Selaras dengan tema yang diangkat pada Rakor dan Rakernis Potmar tahun 2022, diharapkan rapat ini akan menghasilkan pemikiran-pemikiran strategis dalam merumuskan dan menyusun berbagai program serta kegiatan pemulihan ekonomi nasional demi mengurangi dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian rakyat, khususnya masyarakat pesisir dan kepulauan,” tutur Laksamana TNI Yudo Margono.

Di akhir amanatnya, Kasal menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman peserta Rakor dan Rakernis antara lain, pahami dan hayati secara mendalam makna serta tujuan dari tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut dan pembinaan potensi maritim, sehingga dengan itu akan lahir gagasan dan tindakan nyata yang menyentuh langsung kepada kebutuhan, kepentingan, dan permasalahan masyarakat, orientasikan program kegiatan Dawilhanla dan Binpotmar di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut sebagai solusi nyata bagi permasalahan masyarakat, khususnya pemulihan ekonomi akibat pandemi, kelestarian lingkungan laut serta penguatan masyarakat pesisir dan kepulauan dalam program jangka panjang dan berkelanjutan, bukan seremonial belaka, jalin komunikasi, koordinasi, kolaborasi, dan sinkronisasi dengan semua pihak untuk menyatukan tekad, semangat, kekuatan, kemampuan dan tindakan secara bersama-sama membangun kesejahteraan rakyat.

“Manfaatkan Rakor dan Rakernis Potmar ini sebagai wahana komunikasi antar jajaran Potmar guna menciptakan kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam menjamin keberhasilan pelaksanaan tugas Dawilhanla dan pembinaan potensi maritim”, tutup Kasal.

Pada acara pembukaan Rakor dan Rakernis Potmar TNI AL tersebut, Kasal memberikan penghargaan berupa plakat kepada perwakilan Kementerian RI dan Bupati Jembrana Bali yang dilanjutkan dengan pemberian hadiah lomba foto dengan tema “Nelayan dan Buku” kepada Lanal Tegal sebagai Juara 1, Lantamal XI Merauke sebagai Juara 2  dan Lanal Banyuwangi sebagai Juara 3.

Usai pembukaan Rakor dan Rakernis Potmar, Kasal dan para undangan melaksanakan tabur benih udang Vaname di Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) 2, kemudian menuju ke INAP 1 yang jaraknya tidak jauh dari lokasi Rakor untuk melaksanakan panen raya. INAP merupakan program budidaya udang dengan metode baru yang rencananya akan dikembangkan 1000 INAP secara nasional di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Deputi Pengembangan Perikanan Budi Daya Kemenkomarves RI Mohamad Rahmat Mulianda, Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI Tubagus Haeru Rahayu, Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf RI Indra Ni Tua dan Bupati Jembrana Bali I Nengah Tamba, Pejabat Utama Mabesal, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Para Komandan Lantamal I s.d XIV, Danpasamar 1 s.d 3, Para Danalanal seluruh jajaran, serta undangan terkait lainnya. (Ipu)

To Top