Maluku - 27 April 2022

Kapolda Maluku Sertijab Irwasda dan Dansat Brimob

Infobaru.co.id, Ambon – Jabatan Irwasda dan Dansat Brimob Polda Maluku, resmi berganti. Begitu pula dengan Kapolres Buru Selatan (Bursel) dan PS Kapolres Maluku Tenggara (Malra) pertama, juga dilantik Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M. Hum., Rabu (27/4/2022).

Serah Terima Jabatan (Sertijab) Irwasda, dan Dansat Brimob Polda Maluku, serta pelantikan Kapolres Bursel dan Ps. Kapolres Malra yang baru dibentuk ini dilangsungkan di Ruang Rapat Utama, Markas Polda Maluku, Kota Ambon. Sertijab dan pelantikan dipimpin langsung Kapolda Maluku.

Kapolda dalam amanahnya menyampaikan, sertijab atau alih tugas merupakan hal yang wajar sebagai suatu kebutuhan organisasi dalam pengembangan sumber daya Manusia Polri. Sertijab juga merupakan salah satu upaya pembinaan karier sekaligus promosi jabatan bagi setiap anggota Polri yang dinilai berhasil atau berprestasi oleh Pimpinan dalam pelaksanaan tugas.

“Kita memahami Polda Maluku ini memiliki karektiristik yang sangat berbeda dengan Polda Polda yang lain, kita tahu catatan sejarah bahwa Polda Maluku memiliki catatan kaitan dengan konflik sosial yang tidak harus kita abaikan,” katanya.

Dalam waktu dekat, lanjut Kapolda, Polda Maluku akan menyelenggarakan Operasi Ketupat Salawaku 2022. Sehingga diperlukan langkah-langkah sinergitas dengan steakholder terkait agar masyarakat aman dan sehat pada saat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Tahun 2022.

“Perkembangan Kejahatan konvensional juga merupakan tantangan nyata yang akan selalu Polri hadapi kedepannya,” tambah Kapolda.

Ia mengaku permasalahan Kamtibmas akan berkembang secara kompleks baik dari segi modus operandi, jaringan, maupun tingkat kerugiannya. Hal ini membutuhkan langkah strategis dalam upaya pencegahan dan penanganannya. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah menyiapkan sosok pimpinan kesatuan yang mumpuni dalam segala aspek terutama pimpinan yang memiliki integritas. Dan tak kalah penting adalah pimpinan yang bisa menjadi teladan bagi bawahannya.

“Pimpinan yang demikian saya harapkan hadir dalam diri pejabat baru yang dilantik hari ini yaitu pimpinan yang mampu mengemban dan menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik baiknya,” ujarnya.

Olehnya itu Kapolda mengaku selaku pribadi dan pimpinan Polda Maluku, dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya atas dedikasi pengabdian dan loyalitas yang telah diberikan selama ini oleh pejabat lama dan selamat bertugas di tempat yang baru.

“Dan untuk pejabat yang baru dilantik saya berharap saudara saudara dapat bertugas dengan penuh amanah dan tanggung jawab, segera adaptasi dengan lingkungan kerja yang baru untuk memberikan masukan dorongan dan inovasi inovasi yang saudara miliki,” pintanya.

Untuk diketahui, Irwasda Maluku saat ini dijabat Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar. Ia sebelumnya menjabat Auditor Kepolisian Madya TK I Irwasum Polri. Jannus Siregar menggantikan Kombes Pol Edi Yudianto yang dimutasi sebagai Kalemlatprofpol Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri.

Sementara Dansat Brimob Polda Maluku yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Muhammad Guntur, kini telah berganti kepada AKBP Dostan Matheus Siregar. Dostan Siregar sebelumnya menjabat Wadansat Brimob Polda Kalimantan Tengah. Sedangkan Muhammad Guntur digeser ke Polda Kalimantan Barat, juga sebagai Dansat Brimob.

Untuk Kapolres Bursel pertama, Kapolda melantik AKBP M. Agung Gumilar yang sebelumnya menjabat Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Maluku. Sedangkan untuk PS Kapolres Malra pertama, dijabat AKBP Frans Duma yang sebelumnya menjabat Kasubdit III Ditintelkam Polda Maluku.

Sertijab dan pelantikan tersebut dihadiri
Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes, M.M., para Pejabat Utama Polda Maluku dan Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. (Ipu)

To Top