Nasional - 13 April 2022

KASAD: Pekan Depan Hanz Songjanan Menjadi Prajurit TNI

Infobaru.co.id, Ambon – Kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, untuk memanggil kembali prajurit siswa Dicsecapa Henz Songjanan sebagai anggota TNI adalah kebijakan kemanusiaan.

“Nah kemudian kebijakan saya, mereka sudah hidup puluhan tahun di sini mereka warga Maluku dan kesalahan orang tua tidak boleh menimpa anaknya, sehingga kebijakan saya kepada Pangdam coba dibantu untuk menyelesaikan administrasinya,” ungkap KASAD usai kuliah umum di Universiatas Pattimura tadi siang.

Baginya, penyelesaian administrasi yang tidak lengkap dilakukan agar ke depan tidak menjadi beban bagi TNI AD.

“Akan berat bagi kami, karena suatu ketika kenapa ini jadi prajurit kenapa ini diluluskan. Dan kalau suatu ketika prajurit itu kena masalah maka kita yang kena sebagai institusi,” jelasnya.

Dirinya menegaskan, Hanz Songjanan akan kembali bergabung menjadi anggota prajurit TNI seperti satu tim angkatan lainnya.

“Nanti minggu depan dia (Henz Songjanan) akan segera dilantik,” tegasnya.

Kendati demikian, KASAD menjelaskan dalam pelaksanaan pendidikan, tidak serta merta hasil tes administrasi ditetapkan saat itu saja. Namun hasilnya akan dicek terus selama dalam pendidikan.

“Memang dalam pelaksanaan pendidikan tidak serta merta pada saat tes administrasi itu, saat itu. Tetapi kita cek juga selama dia mengikuti pendidikan, bagaimana Babinsa di lapangan mengecek, termasuk intelijen,” jelasnya.

Saat pengecekan, ternyata ada hal yang dilanggar oleh kedua orangtua Henz, khususnya bapaknya yang masih berkebangsaan Myanmar.

“Nah di situ ada penipuan data. Kemudian yang bersangkutan mengikuti pendidikan, anak ini tidak mengerti apa-apa sebetulnya,” jelasnya.

Untuk itu, KASAD meminta Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, untuk membantu orang tua siswa tersebut agar dapat memperbaiki administrasi untuk kemudian dilantik menjadi anggota TNI.

“Dan akhirnya kami bantu, administrasinya sudah selesai, dan nanti minggu depan Hanz akan segera dilantik,” ujarnya. (Ipu)

To Top